iklan

Penggunaan Tag dan Atribut Pada HTML

Pada posting sebelumnya kita sudah membahas tetang pengertian dari dasar HTML dan saya juga sudah memberikan sebuah contoh sebuah kerangka website simple yang hanya berisi html saja.

Pada posting kali saya akan menjelaskan tentang penggunaan tag dan atribut pada HTML, tag adalah suatu code yang digunakan untuk memberi tahu untuk apa code tersebut, contoh penggunaan tag adalah <Tag>objek tag</Tag> seperti yang kita bahas di posting sebelumnya sebuah tag akan diakhiri oleh tanda /(garis miring), tag juga selalu berada di tengah tanda kurung siku-siku (< dan >), Itulah ciri-ciri dari sebuah tag HTML.

Pengertian Tag Dalam HTML

Sekarang saya akan memberikan sebuah contoh penulisan tag dalam sebuah HTML.
<p>Contoh dalam penggunaan tag</p>
Dalam contoh di atas saya menggunakan contoh tag p, tag ini berfungsi untuk pengaturan paragraf, diakhir penulisan tag saya menggunakan /(Garis Miring) sebagai tag penutup, tapi di beberapa browsing jika kita lupa menggunakan tag penutup ini yang akan dihasilkan adalah tag yang seolah-olah sudah tertutup, namun ada juga browsing yang tetap kita harus menggunakan tag penutup ini.

Berikut ini adalah contoh lain dalam sebuah penulisan tag dengan sebuah paragraf yang ditulis dengan tebal dan miring.
<p>Saya Belajar tentang <b>Tag </b>di<i>Cara-Blogger</i></p>
 Menurut tag di atas tag b atau bold digunakan untuk tulisan dengan tebal, sedangkan tag i atau italic digunakan untuk tulisan miring, sebenarnya untuk penulisan <b> dan <i> ada tag yang hampir sama fungsinya yaitu tag <strong> dan <em> tag strong adalah tag yang sama fungsinya dengan tag b karena menebalkan tulisan, sedangkan tag <em> dan tag <i> keduanya akan ditampilkan sebagai teks miring. Tag <em> singkatan dari emphasis, pada zaman XHTML tag <em> dianggap lebih baik daripada tag <i>, namun dalam HTML5 keduanya tetap bisa digunakan, namun tag <i> diubah fungsinya untuk menandai bagian teks dengan alternative voice.

Pengertian Atribut Dalam HTML

Atribut adalah informasi tambahan yang diberikan kepada tag. Misalkan informasi intruksi untuk merubah warna teks, atau besar kecilnya sebuah teks dan masih banyak lagi. Dalam atribut harus memiliki pasangan yaitu Nama dan Nilai (Value). Value harus diapit dengan tanda kutip seperti Nama='Value', boleh menggunakan kutip 2 (") atau kutip satu (').

Berikut ini adalah contoh penggunaan atribut dalam HTML
<a href='http://www.cara-blogger.ga'>Cara-Blogger</a>
Di atas adalah contoh atribut dengan perintah untuk memasukan sebuah link,  href sebagai nama dari sebuah atribut, dan http://www.cara-blogger.ga adalah nilai atau value dari sebuah atribut .

Tapi tidak semua tag membutuhkan atribut, namun dalam pembuatan HTML kalian akan bertemu dengan banyak sekali atribut yang kemungkinan akan sering ditemui adalah class dan id yang digunakan untuk menghubungkan CSS dan JavaScript.

Pada posting kali ini kita sudah belajar tentang penggunaan Tag dan Atribut, dalam penulisan HTML tag dan atribut sangat berperan penting. Jadi kita harus banyak mempelajari dan mencari berbagai macam tag, jika kalian ingin handal dalam masalah pemprograman jangan kalian hafalkan bahasa pemprograman, tapi seringlah menulis bahasa pemprograman tersebut.

Happy Blogging.......................(Cara-Blogger)

0 Response to "Penggunaan Tag dan Atribut Pada HTML"

Post a Comment